Ukuran Tinggi Ideal Pagar Rumah

Ukuran Tinggi Ideal Pagar Rumah – Secara umum tinggi pagar rumah memang tidak bisa dikatakan ideal dengan pasti. Karena memang tidak ada yang mengatur ukuran tinggi ideal pagar rumah minimalis secara resmi. Namun jika Anda melihat beberapa faktor penting seperti keamanan, keindahan, dan keselarasan dengan desain, model serta tema bangunan rumah, setidaknya Anda akan bisa menentukan ukuran tiggi ideal pagar rumah sesuai kebutuhan.

Sebelum Anda membangun pagar rumah, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu regulasi yang dibuat pemerintah atau pengembang perumahan mengenai pagar rumah yang diperbolehkan. Disitu apakah ada aturan jelas yang mengatur tinggi ideal pagar rumah. Misalnya ketika Anda tinggal di daerah perumahan dengan model town house atau rumah kota. Didalam perumahan semacam ini, penggunaan pagar yang tinggi akan bertentangan dengan model keramahan yang ditawarkan oleh pengembang perumahan tersebut.

Pembuatan pagar rumah dengan fungsi yang berbeda-beda tentunya juga membutuhkan tinggi yang berbeda pula. Maka dari itu tinggi ideal pagar rumah juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Menurut rumahmu.web.id ada 4 macam penggunaan pagar rumah berdasarkan fungsionalitasnya, dimana masing-masing memiliki kisaran tinggi idealnya sebagai berikut :

Sebagai Pelindung Area Pribadi

Kalau sudah membicarakan area pribadi, tentunya Anda sangat menginginkan tinggi pagar yang ideal. Anda dapat membangunya dengan ukuran 180 centimeter atau sebanding dengan rata-rata tinggi orang dewasa. Namun jika rumah Anda bergaya minimalis, Anda bisa menggunakan ukuran 150 centimeter untuk pagar rumah.

pagar rumah minimalis
Tinggi Pagar Ideal Area Pribadi

Sebagai Pembatas Pekarangan

Pembatas pekarangan berfungsi untuk mencegah orang lain masuk ke dalam halaman rumah Anda. Untuk fungsi ini, Anda bisa membangun pagar rumah dengan tinggi sekitar 170-250 centimeter dengan penambahan benda lancip atau tajam seperti paku, pecahan kaca, atau kawat berduri (barbed wire) di atasnya. Namun apabila yang Anda takuti hanya ancaman dari hewan seperti domba, anjing, kambing, atau gangguan kecil lainya maka Anda cukup menggunakan ukuran pagar dengan tinggi minimal 120 centimeter.

pagar rumah
Tinggi Pagar Ideal Pembatas Pekarangan

Sebagai Pembatas Kapling

Apabila Anda tinggal didaerah perumahan yang berkonsep natural dan asri, makan ukuran tinggi ideal rumah yang bisa Anda bangun adalah cukup setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 100-120 centimeter saja. Hal ini meningat lingkungan ini sudah cukup aman karena di fasilitasi dengan keamanan 24 jam.

pagar rumah sederhana
Tinggi Pagar Ideal Pembatas Kapling

Untuk Rumah Pinggir Jalan Raya

Karena memiliki rumah dipinggir jalan raya rawan dari tindak kejahatan, sebaiknya Anda membangun pagar dengan menggunakan ukuran tinggi ideal sekitar 180-200 centimeter. Tinggi tersebut sudah memberi rasa aman dan bisa mengurangi kebisingan suara yang berlalu-lalang di jalan raya. Misalnya suara kendaraan ataupun suara rikuh para pejalan kaki.

pagar rumah modern
Tinggi Ideal Pagar Rumah Pinggir Jalan Raya

 Untuk mengingat fungsi pagar rumah yang bukan hanya untuk pelindung rumah saja, melainkan juga sebagai unsur keindahan sebuah rumah, maka Anda jangan asal-asalan dalam membangun pagar untuk rumah Anda. Kebanyakan orang menghiraukan hal ini, yang penting cuman pagar tersebut sudah terbangun tanpa memprioritaskan sisi keindahan.

Apakah Anda sudah mengerti tentang ukuran tinggi ideal pagar rumah? Karena hanya di rumahmu.web.id Anda dapat menemukan informasi lengkap seputar rumah beserta desain interior dan eksteriornya. Itulah tadi ulasan lengkap tentang ukuran tinggi ideal pagar rumah yang kami sampaikan pada kesempatan ini. Anda bisa menemukan artikel kami yang lain di menu kategori yang sudah kami sediakan.

Video Desain Pagar Rumah Batu Alam